Subhanallah.. Ternyata Inilah 4 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur yang Wajib Muslim Ketahui

Trenz SharezAgar tidur makin nyenyak dan makin berkah, semua orang pada dasarnya disarankan untuk berdoa dan menata tempat tidur dengan baik. Di agama islam sendiri, sebelum tidur umat muslim disunahkan untuk mengambil air wudhu terlebih dahulu. Wudhu sendiri merupakan salah satu aktivitas bersuci yang akan membuat seseorang suci dari hadast kecil di hadapan Allah SWT. 

Pada dasarnya, wudhu tak hanya bisa dilakukan sebelum mendirikan salat, sebelum membaca Al Quran atau beribadah lainnya. Sebisa mungkin, wudhu sebaiknya dilakukan kapan pun dan dimana pun bahkan ketika seseorang tak akan mendirikan ibadah sekalipun. Dikutip dari berbagai sumber, wudhu juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan sebelum tidur. Diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda, 


"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, "Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci" (Hr. Ibnu Hibban & Ibu Umar r.a)." 

Tak hanya didampingi Malaikat selama tidur, berwudhu sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Kulit & Wajah
Para ahli agama percaya bahwa berwudhu sebelum tidur akan membantu seseorang memiliki kulit yang sehat dan bersih. Ia juga akan memiliki wajah yang sehat dan bersih lagi cerah. Hal ini terjadi karena dengan berwudhu, seseorang sama saja dengan membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan kuman yang kemungkinan besar menempel di kulit dan wajah.

Perasaan Tenang & Nyaman Saat Tidur
Dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur, hal ini akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Apalagi, jika dibarengi dengan membaca doa sebelum tidur dan berdzikir sebelum tidur.
Otot-Otot di Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Air wudhu yang menyegarkan, dikatakan bisa membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Memang, awalnya menyentuh air akan terasa sangat dingin. Namun, jika hal ini dilakukan secara ikhlas dan tulus, dinginnya air malam tentu tak akan terasa lagi dan aktivitas berwudhu pun akan semakin menyenangkan. Ketika otot tubuh rileks dan pikiran nyaman, tidur pun pasti akan lebih berkualitas dan mengesankan.

Mencegah Risiko Terserang Virus dan Kuman Berbahaya
Air wudhu yang segar akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun kuman. Wudhu yang merupakan aktivitas bersuci akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan kuman serta virus yang mungkin akan menyerang menjadi hilang bersama air wudhu yang membasuh anggota tubuh.

Semakin Dekat Dengan Sang Pencipta
Wudhu merupakan salah satu aktivitas ibadah yang begitu mulia. Saking mulianya, disarankan agar seseorang selalu menjaga wudhu dan kesucian diri. Wudhu juga dilakukan setiap kali seseorang akan melakukan ibadah dan bertemu dengan sang pencipta. Untuk itu, tidak heran jika orang-orang yang selalu menjaga wudhunya akan semakin dekat dengan sang pencipta dan semakin tulus dan beribadah kepada sang pencipta.

Mengatasi Masalah Insomnia
Buat kamu yang sering kali merasa tidak bisa tidur atau insomnia, disarankan agar kamu mengambil air wudhu sebelum tidur. Karena wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran lebih tenang dan nyaman serta malaikat senantiasa menemani kamu saat tidur, bisa jadi hal ini akan membuat mu terbebas dari masalah insomnia dan tidur malam kamu pun akan semakin berkualitas.

Itulah beberapa manfaat dari wudhu sebelum tidur. Tak hanya akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak, berwudhu sebelum tidur juga akan membuat kamu mendapatkan berkah dari Allah yang lebih banyak. Well, bagi kita semua yang beragama muslim dan beriman, usahakan untuk selalu menjaga wudhu kita dan usahakan pula untuk melakukan wudhu sebelum tidur ya. Semoga, informasi ini bermanfaat dan bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa.



sumber : vemale.com
loading...

0 Response to "Subhanallah.. Ternyata Inilah 4 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur yang Wajib Muslim Ketahui"

Post a Comment